Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Permafrost : Pengertian, Tipe dan Persebarannya

Pengertian

Permafrost adalah sebuah lapisan tanah di bawah permukaan bumi yang membeku secara permanen. Partikel-partikel tanah, kerikil, dan pasir saling terikat oleh es yang tumbuh di bawah tanah. Lapisan permafrost biasanya bertemperatur di bawah 0°C setidaknya selama dua tahun lamanya. Umumnya lapisan permafrost terbentuk sampai kedalaman beberapa ratus meter di bawah tanah, namun lapisannya juga dapat terbentuk hingga beribu-ribu meter tebalnya di beberapa lokasi.

Permafrost atau tanah beku
Permafrost
Dalam Bahasa Indonesia, permafrost disebut dengan ibun abadi.

Ditemukan di bawah lapisan tanah, permafrost menyimpan sisa-sisa tumbuhan dan hewan berbasis karbon yang membeku sebelum bisa membusuk. Para ilmuwan memperkirakan bahwa lapisan es dunia menyimpan 1.500 miliar ton karbon, hampir dua kali lipat jumlah karbon yang ada di atmosfer saat ini.

Tanah permafrost mengandung karbon kira-kira dua kali lebih banyak, terutama dalam bentuk metana dan CO² dari atmosfer bumi. 

Persebaran Permafrost

Hampir seperempat permukaan belahan bumi utara diselimuti oleh lapisan permafrost. Bahkan, permafrost membentuk 85% permukaan Alaska, Greenland, Kanada dan Siberia. Selain membentuk permukaan di lintang tinggi, permafrost juga dapat ditemukan pada puncak-puncak pegunungan seperti pada pegunungan Himalaya, Alpen, dan Rockies. Keberadaan permafrost berhubungan erat dengan proses-proses yang terjadi pada bentang alam periglasial.

Tipe Permafrost

Meskipun merupakan lapisan tanah beku, permukaan permafrost tidak selalu tertutup oleh akumulasi salju. Sebagian besar endapan permafrost memiliki lapisan aktif atas yang tebalnya antara 1 hingga 3 meter. Lapisan aktif ini mengalami siklus pencairan selama musim panas. Persebaran permafrost dipengaruhi oleh rata-rata suhu udara tahunan dan sifat termal struktur batuan bumi.

Permafrost
Penampang Permafrost
Terdapat tiga tipe utama dari permafrost. Ketiga tipe ini antara lain:

  1. Continuous permafrost, adalah tipe saat permafrost terbentuk seluruh permukaan dalam sebuah area. Continuous permafrost dapat ditemukan pada wilayah Siberia di Rusia.
  2. Discontinuous permafrost, lapisan permafrost tipe ini terpecah menjadi beberapa area terpisah. Beberapa area bertahan sepanjang tahun, sedangkan pada area lain dari discontinuous permafrost, suhu musim panas dapat mencairkan permafrost selama beberapa waktu. Discontinuous permafrost dapat ditemukan di dekat pantai selatan Hudson Bay, Kanada.
  3. Sporadic permafrost, terbentuk secara tersebar di antara daerah yang umumnya tidak membeku dalam sebuah wilayah. Permafrost tipe ini paling umum ditemukan di pinggiran wilayah periglasial.

Baca juga : Bentang Alam Periglasial dan Iklim Kutub

Sumber : Berbagai sumber dan referensi yang relevan


Joko Sunaryanto
Joko Sunaryanto Jangan lupakan jati dirimu. "Sangkan paraning dumadi"

Posting Komentar untuk "Permafrost : Pengertian, Tipe dan Persebarannya"