Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bioma Taiga : Pengertian, Ciri, Makhluk Hidup dan Persebarannya

Pengertian

Bioma Taiga adalah bioma yang sebagian besar tersusun atas pohon conifer atau berdaun bentuk jarum. Bioma ini dapat ditemukan di wilayah Subarctic. Wilayah Subarctic adalah wilayah di belahan bumi utara yang terletak di Selatan Lingkaran Arctic. Bioma Taiga terletak di antara Bioma Tundra di Utara dan Hutan Beriklim Sedang di Selatan. Alaska, Canada, Negara-negara Skandinavia dan Siberia memiliki Bioma Taiga. Bioma Taiga di Kanada merupakan yang terbesar di dunia dengan luas 67.735 kilometer persegi.

Taiga atau Coniferous
Taiga
Ciri-ciri Bioma Taiga

Berikut ini adalah beberapa ciri dari bioma taiga:

  • Jumlah presipitasi adalah sekitar 35 – 40 cm / tahun
  • Tanaman yang tumbuh pada bioma ini homogen karena hanya terdiri dari satu spesies pohon. Yang dominan adalah konifer yang tahan suhu rendah
  • Bentuk daun tanaman yang hidup di taiga biome berbentuk jarum dan ditutupi dengan lilin yang berfungsi sebagai perlindungan terhadap kekeringan.
  • Tanaman tumbuh di musim panas, yaitu sekitar 3-6 bulan
  • Perbedaan suhu di musim panas dan musim dingin sangat tinggi
  • Ada salju yang tebal di musim dingin
  • Musim dingin cukup panjang, sedangkan musim kemarau sangat singkat
  • Di musim dingin, lantai hutan ditutupi dengan es karena salju turun hingga 2 meter di bawah tanah
  • Temperatur yang rendah membuat penguapan air begitu langka sehingga lingkungan menjadi sangat lembab
  • Suhu musim panas adalah antara -7° C dan 21° C
  • Suhu musim dingin berkisar antara -54° C hingga -1° C
  • Media dalam bioma taiga adalah media asam
  • Tanaman Taiga berwarna hijau sepanjang tahun, meskipun saat itu musim dingin dengan suhu yang sangat rendah
  • Sangat sedikit spesies tanaman hidup yang umumnya hanya terdiri dari dua atau tiga jenis tanaman.

Makhluk Hidup Bioma Taiga

Flora

Bioma Taiga didominasi oleh tumbuhan dari jenis conifer atau cemara seperti pinus, spruce, larch, dan cemara. Tanaman jenis ini memiliki daun berbentuk jarum dengan biji seperti kayu berbentuk kerucut. Bentuknya yang kerucut membantu tumbuhan conifer menyerap sinar matahari sebanyak mungkin. Tumbuhan lain yang banyak tumbuh di bioma ini adalah lumut daun, lumut kerak dan jamur. Tumbuhan tersebut dapat tumbuh langsung di tanah, batu, dan batang pohon conifer yang tua. Lumut dan jamur dapat tumbuh di cuaca yang dingin dengan sedikit air dan sinar matahari.

Fauna 

Fauna bioma taiga
Moose
Semua binatang yang tinggal di Taiga harus dapat beradaptasi dengan baik di cuaca yang dingin. Burung asli Taiga biasanya melakukan migrasi ke Selatan selama musim dingin. Binatang kecil seperti hewan pengerat, tinggal dekat tanah. Moose adalah jenis rusa terbesar di dunia, tinggal di Bioma Taiga yang dingin. Moose termasuk binatang herbivora atau pemakan tumbuhan. Binatang ini memakan tumbuhan air yang tumbuh di rawa dan sungai kecil. Beberapa binatang karnivora atau binatang pemakan daging yang tinggal di Taiga, antara lain beruang, harimau siberia, dan lynx yang merupakan salah satu jenis kucing.

Persebaran Bioma Taiga

Bioma Taiga terletak di daerah dengan iklim dingin dan terletak di garis lintang utara atau lintang selatan. Dengan kata lain, ia menempati area yang membentang dari perbatasan ke ujung area perbatasan, hingga sekitar 700 km selatan. Ini terutama terjadi di wilayah utara seperti Rusia dan Kanada.

Baca juga : Tundra dan Periglasial

Sumber : Berbagai sumber dan referensi yang relevan


Joko Sunaryanto
Joko Sunaryanto Jangan lupakan jati dirimu. "Sangkan paraning dumadi"

Posting Komentar untuk "Bioma Taiga : Pengertian, Ciri, Makhluk Hidup dan Persebarannya"