Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tundra : Pengertian, Ciri, Jenis dan Persebarannya

Pengertian

Tunda berarti tempat dengan suhu yang rendah sehingga pertumbuhan pohon terhambat.

Definisi tundra yang lain adalah suatu bioma tempat terhambatnya pertumbuhan pohon dengan rendahnya suhu lingkungan sekitar. Oleh karena itu, daerah ini disebut daerah tanpa pohon. 

Bioma Tundra
Tundra
Tundra terdapat di wilayah bumi sebelah utara atau lingkaran arktika, juga ditemukan di dekat antartika, dan terdapat di puncak pegunungan yang tinggi. Pertumbuhan tanaman di daerah tundra hanya berlangsung selama 60 hari. Jenis tumbuhan yang banyak ditemukan di tundra hanyalah yang mampu bertahan dengan cuaca dingin seperti sphagnum, lumut kerak, tumbuhan semusim, perdu, dan alang-alang. Iklim kutub dengan musim dingin yang panjang serta gelap dan musim panas yang panjang dan terang terus-menerus serta memiliki curah hujan yang rendah menjadi corak khas bioma ini.

Kata "tundra" berasal dari bahasa Rusia dengan kata tūndâr dari bahasa Sami yang berarti "dataran tinggi" atau "daerah pegunungan tanpa pohon".

Ciri-ciri atau Karakteristik Bioma Tundra

Berikut ini ciri-ciri bioma tundra, yaitu:

  • Seluruh wilayah tertutup es dan salju.
  • Mendapatkan radiasi matahari yang sangat minim.
  • Terjadinya musim dingin yang sangat panjang dan suasana yang gelap, yakni selama sembilan bulan dalam setahun.
  • Jika musim dingin berlangsung selama sembilan bulan, musim panas hanya berlangsung selama tiga bulan. Waktu yang singkat itu menjadi waktu bagi vegetasi untuk mengalami pertumbuhan.
  • Usia tumbuhan yang berhasil tumbuh di bioma tundra cenderung singkat, yakni sekitar 30 - 120 hari saja dalam setahun.
  • Tumbuhan yang hidup di bioma tundra cenderung memiliki warna yang sangat mencolok.
  • Jenis tumbuhan yang hidup di bioma tundra adalah kelompok semak-semak. Umumnya, bunga tidak dapat tumbuh di bioma tundra.

Jenis Tundra

Bioma tundra dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu tundra Arktik dan tundra alpin. Tundra Arktik terletak di sekitar Kutub Utara dan tundra alpin berada pada ketinggian yang relatif tinggi di atas pegunungan yang dingin di seluruh dunia. Salah satu wilayah tundra alpin adalah di puncak pegunungan Jayawijaya (Papua). 

Penjelasan:

1. Arctic Tundra

Arctic tundra atau tundra arktik terletak di belahan bumi utara atau Kutub Utara. Wilayah ini mencapai 20% dari permukaan bumi dan berada di garis lintang 55° - 70° LU.

Tundra arktik memiliki wilayah yang sangat dingin hingga mengering seperti padang gurun, tetapi beku. Wilayah ini tidak menerima cahaya matahari dalam waktu yang sangat lama ketika musim dingin terjadi.

Jenis Artik Tundra
Artik Tundra
Secara umum, suhu tundra arktik mencapai -28° C dan dapat turun serendah -50° C. Ketika berganti musim panas, matahari bisa bersinar hampir sepanjang waktu. Di saat itulah tumbuhan dan hewan memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk bertahan hidup.

Sebagian besar makhluk hidup di tundra arktik memiliki 50 - 60 hari untuk berkonsentrasi pada pertumbuhan dan pencarian nutrisi untuk cadangan ketika musim dingin melanda.

Curah hujan yang dimiliki tundra arktik mencapai 15 - 25 cm setiap tahunnya. Jumlah ini mencakup curah hujan salju dan pencairan salju serta es.

2. Alpine Tundra

Tundra alpine adalah wilayah yang terletak di puncak gunung tertinggi di dunia. Sama seperti tundra arktik, tundra alpine juga memiliki suhu yang beku dan udara yang kering.

Namun, karena terletak di dataran yang lebih tinggi tundra alpine lebih sering terkena sinar matahari. Udara dan atmosfernya jauh lebih tipis sehingga sinar matahari dapat menembus lebih kuat.

Melihat kadar sinar matahari yang diperoleh, tundra alpine memiliki musim pertumbuhan sekitar 180 hari per tahun. Ketika memasuki musim hangat, suhunya mencapai -12° - 10° C.

Jenis Tundra Alpine
Alpine Tundra
Dibanding tundra arktik, tundra alpine menerima jumlah curah hujan yang lebih tinggi lebih tinggi sekitar 30 cm. Tanah yang ada di tundra alpine juga memiliki drainase yang lebih baik, tetapi kehidupan tanamannya kurang lebih sama dengan tundra arktik.

Penyebaran Bioma Tundra

Bioma tundra merupakan bioma yang terdapat di daerah lingkar kutub utara dan sebagian kecil di selatan. Di kutub utara, bioma ini terdapat di sekitar arktika, termasuk Greenland. Sementara di kutub selatan, bioma ini terdapat di Antarktika dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Tundra di Arktika sangat luas, mencapai 20% permukaan tanah Bumi.

Penyebaran tundra di muka bumi
Penyebaran tundra

Baca juga : Periglasial dan Permafrost

Sumber : Berbagai sumber dan referensi yang relevan


Joko Sunaryanto
Joko Sunaryanto Jangan lupakan jati dirimu. "Sangkan paraning dumadi"

Posting Komentar untuk "Tundra : Pengertian, Ciri, Jenis dan Persebarannya"