Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Konsumsi : Pengertian, Fungsi, Ciri dan Faktor yang Mempengaruhinya

Pengertian

Konsumsi adalah bentuk dari kegiatan ekonomi selain produksi dan distribusi. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), konsumsi adalah pemakaian barang hasil produksi seperti bahan pakaian, makanan, dan sebagainya.  Jadi, pengertian konsumsi adalah tindakan manusia untuk menghabiskan atau mengurangi kegunaan (utility) suatu benda baik secara langsung atau tidak langsung – pada pemuasan terakhir dari kebutuhannya.

Konsumsi dan Faktor yang mempengaruhinya
Konsumsi
Tujuan Kegiatan Konsumsi 

Tujuan kegiatan konsumsi adalah memenuhi kebutuhan manusia dan memperoleh kepuasan dari pemenuhan tersebut. Bagi masyarakat tradisional, kegiatan konsumsi dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Sedangkan bagi masyarakat modern, kegiatan konsumsi bukan hanya untuk mempertahankan hidup. Konsumsi juga untuk memperoleh kesenangan dan harga diri. 

Fungsi Konsumsi 

Konsumsi adalah aktivitas pada manusia yang mengurangi dan menggunakan dalam kegunaan barang dan jasa untuk secara bertahap dan simultan memenuhi kebutuhan hidup dan kepuasan orang. Dikutip laman Gramedia, fungsi konsumsi antara lain: 

  • Menghabiskan atau mengurangi nilai guna suatu barang sekaligus. Hal-hal yang termasuk ke dalam klasifikasi mengurangi nilai guna suatu barang dan jasa secara sekaligus adalah barang-barang yang habis pakai atau barang-barang yang tidak dapat bertahan lama. Sebagai contoh yaitu makanan dan minuman. Jika tidak dihabiskan dalam waktu sekaligus, bahan-bahan tersebut akan rusak, basi, dan kadaluarsa sehingga tidak memiliki nilai guna lagi.
  • Mengurangi nilai guna suatu barang dan jasa secara bertahap. Hal-hal yang termasuk ke dalam klasifikasi mengurangi nilai guna suatu barang dan jasa secara bertahap misalnya pemakaian barang yang tidak habis dalam jangka waktu singkat. Mobil, motor, pakaian, furnitur rumah tangga seperti meja, kursi, dan lemari sebagai contoh konsumsi kategori ini. Untuk mengurangi nilai guna barang-barang tersebut memerlukan waktu yang cukup lama dan bertahap.
  • Pemenuhan kebutuhan jasmani dan Rohani. Adanya tujuan utama dalam sebuah kegiatan pada konsumsi manusia yaitu untuk memenuhi kebutuhan fisik dan mental mereka. Kebutuhan fisik seperti minum atau makan, olahraga dan lainnya. Kebutuhan spiritual seperti hiburan, membaca, ibadah, buku dan lain sebagainya.

Ciri-ciri Kegiatan Konsumsi  

  • Dilakukan secara langsung. 
  • Barang konsumsi didapatkan dengan pengorbanan atau pembelian. 
  • Barang atau jasa yang dibeli punya nilai manfaat Kegiatan konsumsi adalah dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan. 
  • Barang dan jasa akan berkurang nilainya.  

Kegiatan Konsumsi dan Faktor yang Mempengaruhinya
Kegiatan Konsumsi
Faktor yang Mempengaruhi Konsumsi  

1. Penghasilan. 

Semakin besar penghasilan seseorang maka orang tersebut akan mengkonsumsi lebih banyak barang atau jasa, begitu juga sebaliknya.

2. Tingkat pendidikan. 

Semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang, umumnya tingkat konsumsinya juga akan semakin tinggi, begitu juga sebaliknya. 

3. Harga barang dan jasa. 

Harga barang dan jasa dapat mempengaruhi tingkat konsumsi seseorang. Semakin tinggi harga barang dan jasa, maka tingkat konsumsi akan semakin rendah, dan begitu juga sebaliknya. 

4. Jumlah keluarga. 

Keluarga yang jumlah anggotanya lebih besar akan membuat tingkat konsumsinya semakin besar, begitu juga sebaliknya. 

5. Jenis kelamin. 

Kebutuhan barang atau jasa antara pria dan wanita tentunya sangat berbeda. Hal tersebut juga akan mempengaruhi tingkat konsumsi. 

6. Selera dan gaya. 

Sebagian orang memiliki selera dan gaya yang lebih baik, baik dalam hal berbusana maupun hal lainnya. Hal ini membuat tingkat konsumsi mereka menjadi lebih tinggi ketimbang mereka yang kurang memperhatikan gaya.

7. Adat Istiadat dan kebiasaan. 

Kebiasaan dan adat istiadat di suatu daerah juga mempengaruhi tingkat konsumsi masyarakatnya. 

8. Tingkat bunga. 

Ahli ekonomi klasik menganggap bahwa konsumsi merupakan fungsi dari tingkat bunga. Khususnya mereka percaya bahwa tingkat bunga mendorong tabungan dan mengurangi konsumsi.

Sumber : Berbagai sumber dan referensi yang relevan


Joko Sunaryanto
Joko Sunaryanto Jangan lupakan jati dirimu. "Sangkan paraning dumadi"

Posting Komentar untuk "Konsumsi : Pengertian, Fungsi, Ciri dan Faktor yang Mempengaruhinya"