Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pasar Monopoli : Pengertian, Penyebab, Ciri serta Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian

Pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar di mana sebuah penjual tunggal menguasai pasar atau monopolis, berkuasa untuk menentukan harga, dan tidak punya barang sejenis yang hampir sama.  

Pasar Monopoli
Gas Elpiji

Kata monopoli berasal dari bahasa Yunani; monos yang artinya sendiri dan polein yang berarti penjual.

Penjual pada pasar monopoli disebut monopolis yang merupakan pihak tunggal. Monopolis mempunyai kekuasaan dan menguasai pasar untuk menentukan harga.
Sebagai penentu harga (price-maker), seorang monopolis dapat menaikan atau mengurangi harga dengan cara menentukan jumlah barang yang akan diproduksi; semakin sedikit barang yang diproduksi, semakin mahal harga barang tersebut, begitu pula sebaliknya.

Penyebab munculnya Pasar Monopoli

Pasar monopoli muncul karena pemusatan sumber daya ekonomi pada satu pelaku usaha atau penjual. Pemusatan tersebut memicu penguasaan sarana produksi dan pemasaran terhadap barang atau jasa jenis tertentu. Selain itu, pasar monopoli dapat timbul karena telah ditetapkan oleh undang-undang. Pemerintah dapat memberikan hak kepada suatu perusahaan untuk menjual suatu produk tertentu, misalnya seperti PT Pos Indonesia yang diberi hak monopoli  oleh pemerintah untuk menjual benda-benda pos dan sejenisnya.


Ciri Pasar Monopoli

Ciri- ciri dari pasar monopoli, yaitu:

  1. Hanya terdapat satu produsen dalam pasar
  2. Tidak memiliki barang pengganti yang mirip (close substitute)
  3. Terdapat hambatan bagi perusahaan lain untuk bisa masuk ke dalam pasar
  4. Produsen bertindak sebagai penentu harga (price maker)
  5. Promosi tidak diperlukan.

Kesimpulannya, produsen pada pasar monopoli memiliki kekuatan untuk mengontrol harga dan kuantitas barang di pasar sehingga dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang monopolis dapat memperoleh keuntungan di atas normal. 

Pasar Monopoli
Supermarket

Kebaikan dan Keburukan Pasar Monopoli

A. Kebaikan pasar monopoli

1. Menimbulkan skala ekonomi yang menurunkan biaya produksi
Perusahaan monopoli umunya perusahaan besar sehingga dapat menikmati skala ekonomis yang menurunkan biaya produksi yang secara tidak langsung akan meningkatkan kesejahteraan karyawan dan masyarakat umum.

2. Terjaganya kesinambungan stabilitas perusahaan
Cukup jarang perusahaan monopoli mengalami kebangkrutan. Biasanya, perusahaan mampu bertahan dan membuktikan diri.

3. Mendorong penggunaan mesin-mesin generasi terbaru
Sistem monopoli memungkinkan perusahaan untuk membeli mesin-mesin mahal dengan tingkat efisiensi yang tinggi sehingga bisa memproduksi banyak barang dalam jangka waktu tertentu.

4. Mendorong peningkatan kinerja departemen penelitian dan pengembangan
Hal ini berguna untuk menciptakan hal-hal baru yang lebih berpotensi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

B. Keburukan pasar monopoli

Pasar monopoli dapat mengakibatkan penyalahgunaan kekuatan ekonomi. Selain itu ada beberapa keburukan pasar monopoli antara lain:

1. Pelecehan terhadap posisi konsumen
Dalam pasar ini, konsumen dikondisikan untuk lemah dan harus menerima produk apa pun yang diberikan oleh produsen.

2. Kesenjangan dalam pembagian pendapatan
Perusahaan monopoli bisa memperoleh keuntungan luar biasa dalam jangka waktu pendek maupun panjang.

3. Tidak adanya persaingan
Dengan tidak adanya persaingan pasar, pada suatu waktu akan mengakibatkan rendahnya kualitas dan kuantitas produk.

4. Mengurangi kesejahteraan konsumen
Konsumen harus membayar harga di atas biaya untuk memproduksi komoditas tersebut, yang mengakibatkan berkurangnya kesejahteraan mereka.

Baca juga: Pasar Monopsoni dan Oligopoli

Joko Sunaryanto
Joko Sunaryanto Jangan lupakan jati dirimu. "Sangkan paraning dumadi"

Posting Komentar untuk "Pasar Monopoli : Pengertian, Penyebab, Ciri serta Kelebihan dan Kekurangannya"