Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Virga : Pengertian, Pembentukan dan Dampaknya

Hujan adalah fenomena jatuhnya titik-titik air ke permukaan bumi, sedangkan Virga adalah istilah yang dipakai untuk curah hujan yang menguap atau menyublim sebelum menyentuh tanah.

Pengertian Virga dan dampaknya
Virga
Pengertian

Dalam meteorologi, Virga adalah jalur presipitasi curah hujan vertikal atau miring (garis jatuh) yang menyerang di bawah permukaan awan, yang evaporasi (penguapan) sebelum mencapai permukaan Bumi sebagai pengendapan. Hal ini sangat umum terjadi di padang pasir dan di daerah beriklim sedang. Virga muncul seperti ekor atau jejak dari awan yang menggapai permukaan tanah, kadangkala membentuk awan seperti ubur-ubur. 

Baca juga : Awan

Penguapan yang terjadi disebabkan karena adanya pemanasan suhu di atmosfer. Panas ini menyebabkan molekul-molekul saling bertumbukan dan pada saat tumbukan molekul ini saling bertukar energi. 

Ketika salah satu molekul mendapatkan energi yang cukup untuk menembus titik didih cairan maka molekul tersebut berubah menjadi uap dan terjadilah penguapan. Fenomena ini dikenal sebagai pendinginan evaporatif. 

Pembentukan Virga

Fenomena visual yang disebut Virga, perubahan tiba-tiba dalam kecerahan batang presipitasi di bawah awan, biasanya dikaitkan dengan penguapan tetesan hujan. Virga sering terlihat tertinggal dari awan altokumulus dan altostratus, tetapi juga terlihat di bawah dasar awan kumuliform tingkat tinggi tempat hujan jatuh ke bawah lapisan sub-awan yang kering. Sebagian besar terjadi dengan Cirrocumulus, Altokumulus, Altostratus, Nimbostratus, Stratokumulus, Kumulus dan Kumulonimbus

Pembentukan Virga
Virga
Ini biasanya menunjukkan bentuk bengkok di mana garis-garis itu turun hampir secara vertikal tepat di bawah sumber curah hujan tetapi tampak hampir horizontal di ekstremitas di bawahnya. Kelengkungan virga seperti itu dihasilkan hanya dengan efek geser angin vertikal yang kuat, tetapi biasanya hasil dari fakta bahwa tetesan atau penguapan kristal menurunkan kecepatan jatuhnya terminal partikel di dekat ujung garis. Dalam beberapa kondisi, virga dikaitkan dengan microburst kering, yang terbentuk sebagai produk penguapan.

Dampak Virga

Virga sendiri memiliki ciri khas yang bentuknyanya seperti tirai yang menjuntai dari awan. Virga muncul seperti ekor atau jejak dari awan yang menggapai permukaan tanah, kadangkala membentuk awan seperti ubur-ubur.

Walaupun ada fenomena virga yang terjadi dan begitu indah jika di amati akan tetapi siapa sangka fenomena tersebut justru bisa menjadi berbahaya bagi dunia penerbangan.

Virga
Ciri Virga
Salah satu dampak bahaya yang bisa ditimbulkan dari virga yaitu microburst. Microburst adalah sebuah downdraft (angin yang menghempas ke bawah) dalam skala kecil dan sangat intens yang turun ke tanah yang menyebabkan perbedaan atau penyimpangan angin yang kuat.

Sumber : Berbagai sumber dan referensi yang relevan







Joko Sunaryanto
Joko Sunaryanto Jangan lupakan jati dirimu. "Sangkan paraning dumadi"

Posting Komentar untuk "Virga : Pengertian, Pembentukan dan Dampaknya"